Daftar Situs Ping Blog Gratis untuk Meningkatkan Indeks Mesin Pencari

1 comment
Daftar Situs Ping Blog Gratis untuk Meningkatkan Indeks Mesin Pencari
Daftar Situs Ping Blog Gratis untuk Meningkatkan Indeks Mesin Pencari

Ping adalah memanggil atau mengundang mesin pencari Google, Bing, Yahoo, dan mesin telusur lainnya untuk segera menjelajahi dan mengindeks blog.

Ping bisa dikatakan sebagai cara proaktif dengan mendaftarkan blog kita agar masuk dalam antrean mesin pencari untuk segera diindeks.

Ping tidak berbahaya bagi SEO karena sifatnya hanya mendaftarkan, bukan mendapatkan backlink, seperti halnya kita mendaftarkan blog kita ke Google Webmaster atau ke Bing.

Pengertian Ping 

Dikutip dari laman Wikipedia, dalam aktivitas blogging, ping adalah sebuah XML-RPC berbasis mekanisme dorong.

Cara kerja ping adalah sebuah blog akan memberitahukan sebuah server jika isi dari sebuah blog tersebut telah diperbarui.

Sebuah sinyal XML-RPC akan dikirimkan ke satu atau lebih "ping server" yang kemudian secara otomatis dapat menampilkan daftar blog yang memiliki materi baru.

Banyak sekali situs ping gratis yang mampu melakukan proses ping secara otomatis ke satu atau lebih server ping setiap kali blogger membuat tulisan baru atau melakukan perubahan tulisan yang lama.

Secara bahasa, ping artinya bersiul untuk memanggil. Dalam hal ini, ping adalah memanggil robot mesin telusur atau mesin pencari (search engine), semisal Google, untuk menjelajahi halaman blog yang di-ping-kan ke Google agar cepat terindeks.

Sebenarnya, jika blog kita sudah terdaftar dan ada sitemap (peta situs) di Google Webmaster Tools, maka robot Google akan mengindeks setiap halaman baru dari blog kita.

Namun, kedatangan robot Google atau mesin pencari lainnya untuk mengindeks halaman baru blog kita tidak pasti, bisa cepat dan bisa juga lambat, dan seringnya lambat karena blog kita baru berkenalan dengan mesin pencari.

Oleh karena itu, di sinilah diperlukan adanya pemberitahuan (ping) kepada robot Google agar blog kita dapat segera di-crawl (dijelajahi) oleh Googlebot, sehingga cepat masuk database hasil pencarian google.

Daftar Situs Ping Blog Gratis untuk Indeks Mesin Pencari


Banyak sekali layanan dari sebuah web yang menyediakan fasilitas ping ke Google dan mesin pencari lainnya, sebagaimana daftar yang direkap Techmasi di bawah ini:

Daftar Situs Ping Blog Terbaik

Daftar Situs Ping Blog Gratis di atas bisa Anda gunakan kapan saja, namun sebaiknya per hari maksimal lima situs. Jangan keseringan agar tidak dicurigai Google sebagai Spam.*

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *