Pengertian Sudut Pandang dan Contohnya

Post a Comment
Sudut Pandang dalam bahasa Inggris disebut Angle of View atau Point of View. Berikut ini pengertian Sudut Pandang dan contohnya.

Sudut Pandang

Sudut Pandang dalam KBBI Daring diartikan sebagai "cakupan sudut bidik lensa terhadap gambar".

Pengertian umumnya, sudut pandang merupakan suatu cara bagi seseorang untuk dapat melihat sesuatu berdasarkan pada pandangan hidup yang dimilikinya.

Dalam sastra (fiksi), Sudut pandang adalah cara pengarang menempatkan dirinya terhadap cerita, dari sudut mana pengarang memandang ceritanya.

Sudut pandangan tokoh ini merupakan visi pengarang yang dijelmakan ke dalam pandangan tokoh-tokoh bercerita. Jadi sudut pandangan ini sangat erat dengan teknik bercerita.

Jadi, sudut pandang dalam karya fiksi seperti cerpen atau novel adalah cara pengarang menempatkan dirinya terhadap cerita atau dari sudut mana pengarang memandang ceritanya.

Contoh, sudut pandang orang pertama (aku) dan sudut pandang orang kedua (kamu, Anda).

Pengertian Sudut Pandang dan Contohnya

Gambar di bawah ini contoh lain sudut pandang dalam kehidupan sehari-hari.

Sudut Pandang

Sudut Pandang

Dalam jurnalistik, sudut pandang adalah teknik yang dipilih wartawan untuk menyampaikan laporannya (berita). Satu peristiwa bisa berbeda dalam pemberitaan.

Dalam fotografi, sudut pandang adalah rentang sudut perspektif yang terekam oleh kamera. Sudut pandang berbeda dengan sudut liput yang adalah sudut cahaya insiden yang diproyeksi lensa ke bidang fokal. (Wikipedia).*

Related Posts

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *