Daftar 200 Faktor SEO Penentu Peringkat Blog di Google

4 comments
Daftar 200 Faktor SEO yang Mempengaruhi Peringkat Blog di Google


PENCARI tips SEO tentu sering --minimal pernah-- menemukan atau mendengar bahwa ada 200 Faktor SEO yang menentukan peringkat blog atau website di Google.

SEO --kependekan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Telusur-- adalah teknik mengoptimasi blog atau website agar mudah dan cepat terindeks Google dan menempati peringkat terbaik di halaman hasil pencarian (SERP).

Apa Itu Faktor SEO?

Faktor artinya "hal (keadaan, peristiwa) yang ikut menyebabkan (memengaruhi) terjadinya sesuatu" (KBBI).

Fakto SEO artinya hal-hal yang memengaruhi sebuah blog/website menjadi ramah mesin pencari (seo friendly) sehingga mudah diindeks dan diperingkat mesin telusur di halaman hasil pencarian.

Disebutkan, Google menggunakan lebih dari 200+ faktor untuk menentukan kredibilitas sebuah website.

Apa saja 200 faktor SEO itu?

Daftar 200 Faktor SEO

Berikut ini Daftar 200 Faktor SEO yang memengaruhi atau menentukan peringkat blog di Google, dengan catatan:
  1. Beberapa terbukti benar.
  2. Ada yang kontroversial.
  3. Lainnya adalah spekulasi.

1. Usia Domain (Domain Age)

Matt Cutts dari Google menyatakan: "Perbedaan antara domain yang berusia enam bulan versus satu tahun sama sekali tidak besar sama sekali."

2. Kata Kunci Muncul di Domain Tingkat Atas

Kaa kunci (keyword) dalam nama domain (domain name) tidak memberikan dorongan yang terlalu penting.

Anda tidak perlu memaksakan memasukkan kata kunci kedalam nama domain yang digunakan, meskipun hal itu terkadang penting bagi Google untuk mengidentifikasikan niche blog berdasarkan nama domain.

3. Kata Kunci sebagai Kata Pertama di Domain

Domain yang dibuat dengan memasukkan kata kunci target memiliki keunggulan dibandingkan situs yang tidak memiliki kata kunci di domain mereka atau memiliki kata kunci di tengah atau akhir domain mereka.

4. Panjangnya masa penyewaan domain

Staf Google menyatakan:
"Domain yang berharga (sah) sering dibayarkan beberapa tahun sebelumnya, sementara domain pintu (tidak sah) jarang digunakan lebih dari satu tahun. Oleh karena itu, tanggal kapan sebuah domain berakhir di masa depan dapat digunakan sebagai faktor dalam memprediksi legitimasi suatu domain". 

5. Kata Kunci dalam Nama Subdomain


Keyword in Subdomain Name. Moz's 2011 sepakat, kata kunci yang muncul di subdomain dapat meningkatkan rangking atau peringkat di Google.

6. Riwayat Domain

Situs dengan kepemilikan yang sering berubah (cek melalui whois) atau sering bermigrasi kelayanan lain akan memberi tahu Google untuk "mengatur ulang" riwayat situs, meniadakan cache yang mengarah kelokasi awal domain.

7. Persis Sama Pencocokan Domain

Exacth Match Domain (EMD). Kata kunci yang cocok dengan nama domain mungkin masih memberikan keunggulan untuk bertengger di posisi teratas Google, jika itu adalah situs yang berkualitas. 

Tetapi jika EMD berasal dari situs berkualitas rendah, hal ini tidak akan menjadi keunggulan bagi website.

8. Public vs. Private WhoIs

Informasi Whois dengan sifat pribadi mungkin merupakan tanda "sesuatu untuk disembunyikan". Informasi terbuka tentang kepemilikan domain lebih disukai.

9. Penalti WhoIs Owner

Jika Google mengidentifikasi orang tertentu sebagai spammer, masuk akal bahwa mereka akan meneliti situs lain yang dimiliki oleh orang tersebut.

10. Perpanjangan TLD negara

Memiliki Domain Tingkat Atas (Top Levl Domin/TLD) dengan kode negara (.cn, .pt, .ca., .id) membantu peringkat situs untuk negara tersebut, namun membatasi kemampuan situs untuk memberi peringkat di seluruh dunia (global).

11. Kata kunci dalam Title Tag

Tag judul adalah konten terpenting kedua pada halaman web (selain konten didalam halaman) karena itu mengirimkan sinyal SEO on-page yang kuat. Baca: Title Tag SEO

12. Judul Postingan Dimulai dengan Kata Kunci

Menurut data Moz, tag judul yang dimulai dengan kata kunci cenderung berkinerja lebih baik dari pada tag judul dengan kata kunci di akhir tag

13. Kata kunci dalam Tag Deskripsi

Sinyal relevansi lainnya. Tidak terlalu penting sekarang, tapi tetap saja membuat perbedaan.

14. Kata Kunci Muncul dalam H1 Tag

Tag H1 adalah "tag judul kedua" yang mengirimkan sinyal relevansi lain ke Google.

15. Kata Kunci adalah Frase yang Paling Sering Digunakan dalam Dokumen

Memiliki kata kunci lebih banyak dari pada tindakan lain yang mungkin dianggap sebagai sinyal relevansi. Tapi jangan berlebihan memasukkan kata kunci kedalam artikel blog anda

16. Panjang Konten

Konten dengan lebih banyak kata dapat mencakup cakupan yang lebih luas dan cenderung lebih disukai ketimbang artikel minim informasi yang lebih pendek. SERPIQ menemukan bahwa panjang konten berkorelasi dengan posisi SERP: Panjang Konten SEO

17. Kepadatan Kata Kunci (Keywords Density)

Meski tidak sepenting dulu, keyword density masih merupakan sesuatu yang Google gunakan untuk menentukan topik sebuah halaman web.

18. Latent Semantic Indexing Kata kunci dalam Konten (LSI)

Kata kunci LSI membantu mesin pencari mengekstrak makna dari kata-kata dengan lebih dari satu makna. 

Kehadiran / ketiadaan LSI mungkin juga bertindak sebagai sinyal kualitas konten. Jadi jika Anda mengetikkan suatu keyword, tapi LSI di bawahnya tidak muncul, bisa jadi karena artikel yang dicari kurang begitu populer

19. LSI Kata kunci dalam Judul dan Deskripsi Tag 

Seperti konten halaman web, kata kunci LSI di halaman meta tag mungkin membantu Google membedakan antara sinonim. Mungkin juga bertindak sebagai sinyal relevansi.

20. Fakto SEO: Kecepatan Loading Halaman via HTML

Baik Google dan Bing menggunakan kecepatan halaman sebagai faktor peringkat. Spider mesin telusur dapat memperkirakan kecepatan situs Anda cukup akurat berdasarkan kode halaman dan ukuran file

21. Konten Duplikat (Duplicate Content)

Konten identik di situs yang sama alias posting copy paste (bahkan sedikit dimodifikasi) dapat secara negatif memengaruhi visibilitas mesin telusur situs.

22. Rel = Canonical

Bila digunakan dengan benar, penggunaan tag ini dapat mencegah Google untuk mempertimbangkan duplikat konten halaman. Misalnya antara tag title dengan tag deskripsi

23. Kecepatan Pemuatan Halaman (Fast Loads) via Chrome

Google juga dapat menggunakan data pengguna Chrome untuk mendapatkan pegangan yang lebih baik pada waktu pemuatan halaman karena ini memerlukan kecepatan server, penggunaan CDN dan sinyal kecepatan situs lainnya yang tidak terkait dengan HTML.

24. Pengoptimalan Gambar

Gambar (image) di halaman mengirimkan ke mesin pencari sinyal relevansi penting melalui nama file, alt teks, judul, deskripsi, dan keterangan.

25. Keterkinian Pembaruan (Update) Konten.

Pembaruan Kafein Google mendukung konten yang baru diperbarui, terutama untuk pencarian yang sensitif terhadap waktu. Menyoroti faktor ini penting, Google menunjukkan tanggal pembaruan terakhir halaman untuk halaman tertentu.

26. Besaran Pembaruan Konten

Pentingnya suntingan dan perubahan juga merupakan faktor fresh konten. Menambahkan atau menghapus seluruh bagian adalah pembaruan yang lebih signifikan daripada beralih dengan membuat konten baru dan melupakan konten lama

27. Pembaharuan Halaman

Seberapa sering halaman diperbarui dari waktu ke waktu? Harian, mingguan, setiap 5 tahun? Frekuensi update halaman juga berperan dalam konten baru . Manfaat mengedit konten lama pada blog

28. Keyword Prominence

Memiliki kata kunci muncul dalam 100 kata pertama dari konten halaman yang tampaknya merupakan sinyal relevansi yang signifikan. Jadi berikan kata kunci setiap 100 kata pertama agar terlihat natural

29. Kata kunci dalam H2, H3 Tag

Memiliki kata kunci Anda muncul sebagai subpos dalam format H2 atau H3 mungkin merupakan sinyal relevansi lemah .

30. Kata Kunci 

Pencocokan kata kunci pencari dalam konten halaman umumnya akan diurutkan lebih baik daripada frase kata kunci yang sama dengan urutan yang berbeda.

31. Outbound Link Quality 

Banyak pemain SEO berpikir bahwa menghubungkan ke situs otoritas membantu mengirim sinyal kepercayaan ke Google. Jadi, gunakan internal link yang setopik dengan artikel utama

32. Theme Outbound Link
Menurut Moz, mesin pencari mungkin menggunakan konten halaman yang Anda tautkan sebagai sinyal relevansi. Misalnya, jika Anda memiliki laman tentang mobil yang tertaut ke laman terkait film, ini mungkin memberi tahu Google bahwa laman Anda adalah tentang film Cars, bukan mobil.

33. Grammar dan Ejaan

Tata bahasa dan ejaan yang tepat adalah sinyal berkualitas, walaupun Cutts memberi pesan yang beragam pada tahun 2011 tentang apakah ini penting atau tidak.

34. Konten Sindikasi

Apakah konten di halaman blog Anda asli? Jika menyalin (copas) atau disalin (dicopas) dari halaman lain yang diindeks Google, maka situs Anda tidak akan diberi peringkat yang bagus.

35. Isi Tambahan yang Bermanfaat 

Menurut Dokumen Pedoman Google Rater yang sekarang banyak digunakan, elemen pelengkap yang bermanfaat merupakan indikator kualitas halaman (dan oleh karena itu, peringkat Google). Contohnya, termasuk penambahan grafik, gambar mindmap, video dll.

36. Jumlah Outbound Links:T

erlalu banyak dofollow OBLs mungkin "membocorkan" PageRank, yang dapat melukai peringkat halaman tersebut. Meskipun sebuah site DA nya tinggi tapi jika dibagi dengan banyak link juice otomatis kualitasnya rendah

37. Multimedia

Gambar, video dan elemen multimedia lainnya dapat berfungsi sebagai sinyal kualitas konten.

38. Jumlah Tautan Internal Menunjuk ke Halaman 

Jumlah tautan internal ke halaman menunjukkan pentingnya dibandingkan dengan halaman lain di situs.

39. Kualitas Link Internal Menunjuk ke Halaman 

Tautan internal dari halaman otoritatif/ halaman anda sendiri pada domain memiliki efek yang lebih kuat dari pada tautan berasal dari situs berkualitas rendah

40. Tautan Rusak (Broken Links)

Memiliki terlalu banyak tautan rusak di laman mungkin merupakan tanda situs yang terbengkalai atau tidak terurus. Dokumen Pedoman Google Rater menggunakan tautan yang rusak seperti yang dilakukan untuk menilai kualitas sebuah homepage.

41. Tingkat Pembacaan (Reading Level)

Tidak ada keraguan, Google memperkirakan lamanya visitor membaca konten di halaman web. Sebenarnya, Google biasanya memberi statistik durasi tingkat membaca untuk setiap konten.

42. Link Afiliasi

Tautan afiliasi itu sendiri mungkin tidak akan merugikan rangking Anda. Tetapi jika Anda memiliki terlalu banyak, algoritme Google dapat lebih memperhatikan sinyal kualitas lainnya untuk memastikan Anda bukan "situs afiliasi".

43. Kesalahan HTML / Validasi W3C 

Banyak kesalahan HTML atau pengkodean ceroboh mungkin merupakan tanda situs berkualitas buruk.

44. Otoritas Domain Page Host (DA, Domain Authority)

Semua hal sama, halaman pada domain berautoritas kuat akan lebih tinggi peringkatnya daripada sebuah halaman pada domain yang memiliki otoritas kurang.

45. Page Rank

Tidak begitu ada hubunganya , namun pada umumnya halaman PR yang lebih tinggi cenderung lebih baik dari pada halaman PR rendah.

46. ​​Panjang URL 

Search Engine Journal (SEJ) mencatat URL yang terlalu panjang dapat membahayakan visibilitas pencarian.

47. Jalur URL 

Halaman yang lebih dekat ke homepage mungkin mendapat sedikit dorongan dari otoritas. Jangan terlalu sering membangun backlink menuju ke homepage blog

48. Editor Manusianya

Meski tidak pernah dikonfirmasi, Google telah mengajukan hak paten untuk sebuah sistem yang memungkinkan bagi pelanggar hak cipta agar posisi blognya ditaruh keposisi terburuk di SERP.

49. Kategori Halaman 

Kategori halaman yang muncul pada sinyal relevansi. Sebuah halaman yang merupakan bagian dari kategori yang terkait erat harus mendapatkan dorongan relevansi dibandingkan dengan halaman yang diajukan berdasarkan kategori yang tidak terkait atau kurang terkait.

50. WordPress Tags 

Tag adalah sinyal relevansi khusus WordPress. Menurut Yoast.com:
"Satu-satunya cara meningkatkan SEO Anda adalah dengan menghubungkan satu bagian konten ke konten lainnya, dan lebih khusus lagi kelompok posting satu sama lain".

51. Kata kunci dalam URL 

Sinyal relevansi penting lainnya.

52. String URL

Kategori dalam string URL dibaca oleh Google dan mungkin memberi isyarat tematik untuk halaman mana yang dimaksud.

53. Referensi dan Sumber

Mengutip referensi dan sumber, seperti makalah penelitian, mungkin merupakan tanda dari situs rujukan dalam pembuatan konten. 

54. Bullets and Numbered Lists 

Bullet dan list bernomor membantu memecah konten Anda untuk memudahkan pembaca, sehingga lebih mudah digunakan. Google cenderung setuju dan mungkin lebih suka konten dengan bullet dan angka.

55. Prioritas Halaman di Peta Situs

Prioritas halaman yang diberikan melalui file sitemap.xml dapat mempengaruhi peringkat.

56. Terlalu Banyak Tautan Keluar 

"Beberapa halaman memiliki cara, terlalu banyak tautan, mengaburkan halaman dan mengalihkan perhatian dari Konten Utama". Hindari terlalu banyak external link termasuk dalam kotak komentar.

57. Jumlah Kata Kunci Lainnya 

Jika Anda mendapatkan peringkat untuk beberapa kata kunci lainnya, mungkin memberi tahukan Google sebagai tanda kualitas internal.

58. Artikel Lama

Meskipun Google lebih memilih konten segar, laman lawas yang diperbarui secara rutin mungkin lebih baik dari laman yang lebih baru.

59. Tata Letak Ramah Pengguna:M

Tata letak halaman pada halaman dengan kualitas terbaik membuat Konten Utama segera terlihat.

60. Domain Parked

Pembaruan Google di bulan Desember tahun 2011 menurunkan keterlihatan penelusuran dari domain terparkir.

61. Faktor SEO: Konten yang Berguna

Seperti yang ditunjukkan oleh pembaca Backlinko Jared Carrizales, Google dapat membedakan antara konten "berkualitas" dan "berguna".

62. Konten Memberikan Nilai dan Wawasan Unik 

Google telah menyatakan bahwa mereka sedang memburu situs yang tidak membawa sesuatu yang baru atau berguna ke pembaca, terutama situs afiliasi yang peringkatnya akan diturunkan.

63. Halaman About

Dokumen Mutu Google menyatakan, mereka memilih situs dengan "jumlah informasi kontak yang sesuai".

64. Kepercayaan Domain / TrustRank 

Kepercayaan situs - diukur dari berapa banyak tautan yang menaut dari situs terpercaya menuju ke blog Anda - adalah faktor peringkat yang sangat penting. Utamakan blog hanya mendapat link dari situs berkualitas.

65. Arsitektur Situs

Arsitektur situs yang disatukan dengan baik membantu Google mengatur konten Anda secara tematis.

66. Update Situs

Seberapa sering situs diperbarui - dan terutama saat konten baru ditambahkan ke situs - adalah faktor kesegaran keseluruhan blog.

67. Jumlah Halaman 

Jumlah halaman yang dimiliki situs adalah tanda lemahnya otoritas halaman. Paling tidak situs besar memiliki banyak halaman situs bermanfaat dibandingkan situs affilasi

68. Kehadiran Peta Situs (Sitemap)

Peta situs membantu mesin telusur mengindeks halaman Anda lebih mudah dan lebih teliti, meningkatkan visibilitas. Submit sitemap Anda keberbagai search engine --Google, Bing, Yahoo!

69. Site Uptime 

Banyak downtime dari masalah pemeliharaan situs atau server dapat merugikan rangking Anda (dan bahkan bisa mengakibatkan deindexing jika tidak diperbaiki).

70. Lokasi Server 

Lokasi server dapat mempengaruhi lokasi situs Anda di berbagai wilayah geografis. Terutama penting untuk pencarian geo-spesifik. 

71. Sertifikat SSL 

Google telah mengkonfirmasi bahwa mereka mengindeks sertifikat SSL dan mereka menggunakan HTTPS sebagai sinyal peringkat.
72. Ketentuan Layanan dan Halaman Kerahasiaan

Kedua halaman ini membantu memberi tahu Google bahwa sebuah situs adalah sebuah platform yang dapat dipercaya.

73. Informasi Meta Duplikat On-Site 

Informasi meta duplikat di seluruh situs Anda dapat menurunkan semua keterlihatan halaman Anda. Memperbaiki duplikat meta tag

74. Navigasi Breadcrumbs 

Ini adalah gaya arsitektur situs yang mudah digunakan yang membantu pengguna (dan mesin telusur) tahu di mana mereka berada di situs.

75. Dioptimalkan untuk Ponsel

Sikap resmi Google di seluler adalah membuat situs yang responsif. Kemungkinan situs responsif mendapatkan keunggulan dalam penelusuran dari perangkat seluler. 

Sebenarnya, mereka sekarang menambahkan tag "mobile friendly" ke situs yang menampilkan dengan baik pada perangkat seluler. Google juga mulai menghukum situs di penelusuran Seluler yang tidak ramah seluler

76. YouTube 

Tidak ada keraguan bahwa video YouTube diberi perlakuan istimewa di SERPs (mungkin karena Google memilikinya):

Sebenarnya, Search Engine Land menemukan bahwa lalu lintas YouTube.com meningkat secara signifikan setelah Google Panda.

77. Kegunaan Situs 

Situs yang sulit digunakan atau dinavigasi dapat merusak peringkat (rangking) dengan mengurangi waktu di situs.

78. Penggunaan Google Analytics dan Google Webmaster Tools 

Beberapa orang berpikir bahwa kedua program yang diinstal di situs Anda dapat memperbaiki pengindeksan halaman Anda. 

Mereka mungkin juga secara langsung mempengaruhi peringkat dengan memberi Google lebih banyak data untuk digunakan.

79. Ulasan pengguna / Reputasi situs 

Situs yang diulas di situs ulasan kemungkinan memainkan peran penting dalam algoritme. Google bahkan membukukan garis besar pendekatan terhadap mereka yang memberikan ulasan kepada website lain serta memberikan link mereka

81. Menghubungkan Domain Root 

Jumlah domain pengarah adalah salah satu faktor peringkat terpenting dalam algoritme Google.

82. Tautan dari IP C-Class Terpisah 

Tautan dari alamat IP kelas-c yang terpisah memberi kesan luasnya situs yang terhubung ke Anda.

83. Menghubungkan Halaman 

Jumlah total halaman penautan - meskipun ada beberapa domain yang sama - merupakan faktor peringkat.

84. Tag Alt (untuk Tautan Gambar) 

Teks Alt adalah versi gambar anchor text

85. Tautan dari domain .edu atau .gov 

Matt Cutts telah menyatakan bahwa TLD tidak memperhitungkan kepentingan sebuah situs. Namun, itu tidak menghentikan SEO dari pemikiran bahwa ada tempat khusus di algoritma untuk .gov dan .edu TLDs. Mencari backlink edu dan gov

86. Kewenangan Menghubungkan Halaman 

Otoritas (PageRank) dari halaman rujukan merupakan faktor peringkat yang sangat penting.

87. Kewenangan Menghubungkan Domain 

Otoritas domain pengarah dapat memainkan peran independen dalam kepentingan tautan (misalnya, tautan halaman PR2 dari situs dengan homepage PR3 mungkin bernilai kurang dari tautan halaman PR2 dari PR8 Yale.edu).

88. Tautan Dari Pesaing 

Tautan dari peringkat halaman lain di SERP yang sama mungkin lebih berharga untuk peringkat halaman untuk kata kunci tertentu.

89. Social Shares of Referring Page

Jumlah share sosial tingkat halaman dapat mempengaruhi peringkat link.

90. Tautan dari Lingkungan Buruk 

Tautan dari "lingkungan buruk" dapat membahayakan situs Anda.

91. Guest Posts 

Meskipun posting tamu bisa menjadi bagian dari kampanye SEO white hat, tautan berasal dari pos tamu - terutama di area bio penulis - mungkin tidak sama berharganya dengan tautan kontekstual pada halaman yang sama.

92. Tautan ke Homepage Domain yang Page Sits On 

Tautan ke beranda halaman rujukan mungkin sangat penting dalam mengevaluasi situs - dan karena itu link - weight.

93. Nofollow Links 

Salah satu topik yang paling kontroversial di SEO. Kata resmi Google mengenai masalah ini adalah:
"Secara umum, kita tidak mengikuti mereka."

94. Keragaman Jenis Tautan

Memiliki persentase link yang tidak wajar besar berasal dari satu sumber (yaitu profil forum, komentar blog) mungkin merupakan tanda dari webspam. Di sisi lain, tautan dari beragam sumber merupakan tanda adanya profil tautan alami.

95. "Tautan Sponsor" Atau Kata Lain di Sekitar Tautan 

Kata-kata seperti "sponsor", "mitra tautan" dan "tautan sponsor" dapat menurunkan nilai tautan. Daftar blogroll seperti ini masuk tindakan spam.
96. Link Kontekstual 

Tautan yang disematkan di dalam konten halaman dianggap lebih hebat daripada tautan pada halaman kosong atau ditemukan di tempat lain pada halaman.

97. Pengalihan 301 yang berlebihan ke Halaman 

Tautan yang berasal dari 301 pengalihan menimbulkan efek buruk karena dianggap spam links tipe redirect, menurut Video Bantuan Webmaster.

98. Backlink Anchor Text 

Seperti yang tercantum dalam deskripsi algoritma asli Google ini:
"Pertama, jangkar sering memberikan deskripsi halaman web yang lebih akurat daripada halaman itu sendiri."

Jelas, anchor text kurang penting dari sebelumnya (dan kemungkinan sinyal webspam). Tapi masih mengirimkan sinyal relevansi yang kuat dalam dosis kecil. 

99. Text Anchor Internal Link 

Tautan (link) internal adalah sinyal relevansi lainnya, walaupun mungkin beratnya berbeda dari contextual backlink.

100. Judul Tautan Atribusi 

Judul tautan (teks yang muncul saat Anda mengarahkan kursor di atas tautan) juga digunakan sebagai sinyal relevansi yang lemah.

101. Negara TLD Domain Pengarah 

Mendapatkan tautan dari ekstensi domain tingkat atas negara tertentu (.de, .cn, .co.uk , id ) dapat membantu Anda berperingkat lebih baik di negara tersebut.

102. Lokasi Tautan Di Isi 

Tautan di awal konten sedikit lebih banyak daripada tautan yang ditempatkan di akhir konten.

103. Link Location on Page 

Lokasi link muncul pada halaman adalah penting. Umumnya, tautan yang disematkan di konten laman lebih hebat daripada tautan di area footer atau sidebar.

104. Menghubungkan Relevansi Domain 

Tautan dari situs di niche yang serupa secara signifikan lebih hebat daripada tautan dari situs yang sama sekali tidak terkait. Itulah mengapa setiap strategi SEO yang efektif saat ini berfokus untuk mendapatkan tautan yang relevan. 

105. Page Level Relevansi 

Algoritma Hilltop menyatakan bahwa tautan dari laman yang terkait erat dengan konten laman lebih hebat daripada tautan dari laman yang tidak terkait.

106. Teks di Sekitar Sentimen Tautan 

Google mungkin telah menemukan ada atau tidak ada link ke situs Anda merupakan rekomendasi atau bagian dari tinjauan negatif. Semakin banyak link terhubung seharusnya blog menjadi semakin baik

107. Kata Kunci dalam Judul 

Google memberi cinta ekstra pada tautan pada halaman yang berisi kata kunci halaman Anda dalam judul ("Inilah relevansi utama penilaian isi konten").

108. Velocity Link Positif 

Sebuah situs dengan kecepatan link positif biasanya mendapat dorongan SERP.

109. Kecepatan Link Negatif 

Kecepatan link negatif dapat menurunkan rangking secara signifikan karena ini adalah sinyal penurunan popularitas.

110. Tautan dari "Hub" Halaman 

Aaron Wall mengklaim bahwa mendapatkan tautan dari halaman yang dianggap sebagai sumber utama (atau hub) pada topik tertentu diberi perlakuan khusus.

111. Tautan dari Situs Otoritas 

Tautan dari situs yang dianggap sebagai "situs otoritas" cenderung melewati lebih banyak link juiced daripada tautan dari situs mikro kecil.

112. Berhubungan dengan Sumber Wikipedia

Meskipun tautannya tidak sesuai, banyak yang berpikir bahwa mendapatkan tautan dari Wikipedia memberi Anda sedikit kepercayaan dan otoritas tambahan di mata mesin telusur.

113. Co-Kemunculan 

Kata-kata yang cenderung muncul di sekitar tautan balik Anda membantu memberi tahu Google tentang halaman apakah itu.

114. Usia Backlink 

Menurut Google, tautan yang lebih lama memiliki kekuatan peringkat lebih banyak daripada backlink yang baru ditanam

115. Tautan dari Situs Nyata vs. Splog 

Karena proliferasi jaringan blog, Google mungkin memberi bobot lebih pada tautan yang berasal dari "situs sebenarnya" daripada dari blog palsu/webnode. Mereka cenderung menggunakan sinyal merek dan interaksi pengguna untuk membedakan keduanya.

116. Profil Tautan Alami 

Situs dengan profil tautan "alami" akan diberi peringkat tinggi dan lebih tahan lama untuk diperbarui.

117 . Tautan Timbal Balik 

Daftar Skema Tautan Google mencantumkan "pertukaran tautan yang berlebihan" sebagai skema tautan yang harus dihindari.

118. User Generated Content Links 

Google dapat mengidentifikasi link yang dihasilkan dari AGC vs pemilik situs yang sebenarnya.

119. Tautan dari 301 

Tautan dari 301 pengalihan mungkin kehilangan sedikit juiced dibandingkan dengan tautan langsung. Namun, Matt Cutts mengatakan bahwa 301 mirip dengan tautan langsung.

120. Schema.org Microformats 

Halaman yang mendukung microformats mungkin ada di atas halaman tanpanya. Ini mungkin dorongan langsung atau fakta bahwa halaman dengan format micro memiliki RKT SERP yang lebih tinggi.

121. DMOZ Tercantum 

Banyak yang percaya bahwa Google memberi DMOZ situs yang terdaftar sedikit kepercayaan ekstra.

122. TrustRank of Linking Site 

Kepercayaan dari situs yang terhubung dengan Anda menentukan berapa banyak "TrustRank" akan dikirimkan kepada Anda.

123. Jumlah Link Outbound di Halaman 

PageRank terbatas. Sebuah link pada halaman dengan ratusan OBLs melewati PR kurang dari halaman dengan hanya beberapa OBLs.

124. Tautan Profil Forum 

Karena spamming tingkat industri, Google dapat secara signifikan mendevaluasi tautan dari profil forum. Backlink forum sekarang sudah tidak rekomendasi cek ranksignal dan seostore

125. Menghitung Konten 

Tautan dari pos 1000 kata lebih berharga daripada tautan dalam cuplikan 259 kata.

126. Kualitas Menghubungkan Konten 

Tautan dari konten yang ditulis dengan buruk atau diputar tidak memberi nilai sebanyak tautan dari konten multimedia yang disempurnakan dengan baik.

127. Tautan Sitewide 

Matt Cutts telah mengkonfirmasi bahwa tautan situs bersifat "dikompres" untuk dihitung sebagai satu tautan tunggal.

128. Angka Rasio Klik Organik untuk Kata Kunci 

Halaman yang dapat diklik lebih banyak di RKT mungkin mendapatkan dorongan SERP untuk kata kunci tertentu.

129. RKPT Organik untuk Semua Kata Kunci

RKPT organik suatu halaman (atau situs) untuk semua kata kunci adalah peringkat sebagai sinyal interaksi pengguna berbasis manusia.

130. Bounce rate 

Tidak semua orang di SEO setuju dengan hal-hal seperti tingkat bouncing, namun mungkin cara Google menggunakan pengguna mereka sebagai penguji kualitas (halaman di mana orang cepat terpental mungkin tidak terlalu bagus).

131. Lalu Lintas Langsung 

Telah dikonfirmasi, Google menggunakan data dari Google Chrome untuk menentukan apakah orang mengunjungi situs atau tidak (dan seberapa sering). 

Situs dengan banyak lalu lintas langsung cenderung lebih berkualitas daripada situs yang mendapatkan lalu lintas langsung sangat sedikit.

132. Ulangi Lalu Lintas 

Mereka mungkin juga melihat apakah pengguna kembali ke halaman atau situs setelah mengunjungi. Situs dengan pengunjung berulang mungkin mendapatkan dorongan peringkat Google. Maka dari itu banyak mencari visitor yang loyal

133. Situs yang Diblokir 

Google telah menghentikan fitur ini di Chrome. Namun, Panda menggunakan fitur ini sebagai sinyal kualitas.

134. Bookmark Chrome 

Google mengumpulkan data penggunaan browser Chrome. Laman yang mendapat bookmark di Chrome mungkin mendapat dorongan.

135. Google Toolbar Data 

Danny Goodwin dari Search Engine Watch melaporkan, Google menggunakan data toolbar sebagai sinyal peringkat. Namun, selain kecepatan pemuatan halaman dan malware, tidak diketahui jenis data yang mereka dapatkan dari toolbar.

136. Faktor SEO: Jumlah Komentar 

Halaman dengan banyak komentar mungkin merupakan sinyal interaksi pengguna dan kualitas. 

Banyak blog menempati peringkat atas "hanya" karena banyak komentar, padahal artikel lain lebih berkualitas dan lengkap.
137. Waktu Tinggal 

Google sangat memperhatikan "waktu tinggal": berapa lama orang menghabiskan waktu di halaman Anda saat datang dari pencarian Google.

Ini juga kadang disebut sebagai "klik lama vs. klik pendek". Jika orang menghabiskan banyak waktu di situs Anda, itu bisa digunakan sebagai sinyal berkualitas.

138. Keunggulan fresh konten 

Google memberi dorongan pada halaman yang lebih baru untuk pencarian tertentu.

139. Permintaan Layak Keanekaragaman 

Google dapat menambahkan keragaman ke SERP untuk kata kunci yang ambigu, seperti "Ted", "WWF" atau "ruby".

140. Riwayat Browsing Pengguna 

Situs yang sering Anda kunjungi saat masuk ke Google mendapatkan peluang muncul di SERP untuk penelusuran Anda.

141. Riwayat Pencarian Pengguna 

Rantai pencarian mempengaruhi hasil pencarian untuk pencarian selanjutnya. Misalnya, jika Anda menelusuri "roti bakar" lalu telusuri "pemanggang roti", Google cenderung menampilkan situs populer yang lebih tinggi di SERPs.

142. Penargetan Geografis 

Google memberi preferensi pada situs dengan IP server lokal dan ekstensi nama domain khusus negara.

143. Pencarian Aman 

Hasil pencarian dengan kata-kata kutukan atau konten khusus dewasa tidak akan muncul untuk orang dengan Penelusuran Aman diaktifkan.

144. Lingkaran Google+ 

Google menampilkan hasil yang lebih tinggi untuk penulis dan situs yang telah Anda tambahkan ke Lingkaran Plus Google Anda

145. Keluhan DMCA 

Google "menurunkan" halaman dengan keluhan DMCA. Jadi jangan terlalu bangga menjadi admin blog copas

146. Keragaman Domain 

Yang disebut "Bigfoot Update" seharusnya menambahkan lebih banyak domain ke setiap halaman SERP.

147. Penelusuran Transaksional 

Google terkadang menampilkan hasil yang berbeda untuk kata kunci terkait belanja, seperti penelusuran penerbangan.

148. Penelusuran Lokal 

Google sering menempatkan hasil Google+ Lokal di atas SERPs organik "normal".

149. Google news 

Kata kunci tertentu terkadang memunculkan result dari google berita

150. Preferensi Merek Besar 

Setelah Update Vince, Google mulai memberi dorongan pada merek besar untuk mendapatkan posisi pendek dengan kata kunci tertentu

151. Hasil Belanja 

Google terkadang menampilkan hasil Google shops di SERPs organik.

152. Hasil Gambar 

Google menyingkirkan daftar organik situs untuk hasil gambarpenelusuran yang umum digunakan di Google Image Search.

153. Hasil Telur Paskah 

Google memiliki banyak jenis pencarian dibagian image. Misalnya, ketika Anda mencari "resident evils" di pencarian gambar Google, hasil pencarian akan berubah menjadi game yang sering dimainkan.

154. Hasil Tunggal untuk Merek 

Kata kunci bermerek atau merek dagang membawa beberapa hasil dari situs yang sama.

155. Jumlah Tweets

Seperti tautan, tweet halaman mungkin mempengaruhi pangkatnya di Google.
156. Kewenangan Akun Pengguna Twitter 

Kemungkinan Tweets berasal dari usia, profil Twitter otoritas dengan puluhan ribu pengikut memiliki efek lebih dari tweet dari akun baru yang berpengaruh rendah.

157. Jumlah Facebook Likes

Meski Google tidak bisa melihat sebagian besar akun Facebook, kemungkinan mereka menganggap jumlah Facebook menyukai halaman yang diterima sebagai sinyal peringkat itu lemah.

158. Facebook Shares 

Jumlah share Facebook - karena mereka lebih mirip sebagai backlink - mungkin memiliki pengaruh yang lebih kuat daripada yang dimiliki Facebook.

159. Kewenangan Akun Pengguna Facebook 

Seperti halnya dengan Twitter, share Facebook dan suka yang datang dari halaman Facebook populer mungkin akan memberikan bobot lebih pada peringkat web

160. Pinterest Pins 

Pinterest adalah akun media sosial yang sangat populer dengan banyak data publik. Mungkin Google menganggap Pinterest Pins sebagai sinyal sosial.

161. Votes on Social Sharing Sites 

Mungkin saja Google menggunakan saham di situs seperti Reddit, Stumbleupon dan Digg sebagai jenis sinyal sosial lainnya.

162. Jumlah Google + 

Meskipun Matt Cutts mencatat bahwa Google+ tidak memiliki efek langsung pada peringkat, sulit dipercaya bahwa mereka akan mengabaikan jejaring sosial mereka sendiri.

163. Kewenangan Akun Pengguna Google+ 

Masuk akal jika Google menimbang +1 dari akun berwibawa lebih banyak daripada dari akun tanpa banyak pengikut.

164. Kepengarangan yang Diketahui 

Pada bulan Februari 2013, CEO Google Eric Schmidt mengklaim:

"Dalam hasil pencarian, informasi yang terkait dengan profil online terverifikasi akan diberi peringkat lebih tinggi daripada konten tanpa verifikasi semacam itu, yang akan mengakibatkan sebagian besar pengguna secara alami mengeklik hasil teratas (terverifikasi)."

Meskipun program kepengarangan Google+ telah ditutup, kemungkinan Google menggunakan beberapa bentuk kepengarangan untuk menentukan produsen konten berpengaruh secara online (dan memberi mereka dorongan dalam peringkat).

165. Relevansi Sinyal Sosial 

Google mungkin menggunakan informasi relevansi dari akun yang membagikan konten dan teks di sekitar tautan.

166. Sinyal Sosial Tingkat Situs 

Sinyal sosial di seluruh situs dapat meningkatkan keseluruhan otoritas situs, yang akan meningkatkan visibilitas pencarian untuk semua halamannya.

167. Nama Merek Anchor Text 

Teks jangkar bermerek adalah keyword sederhana namun kuat.

168. Pencarian Bermerek 

Sederhana saja: orang mencari merek. Jika orang menelusuri situs Anda di Google, Google mungkin mempertimbangkan hal ini saat menentukan merek.

169. Situs Memiliki Facebook Page dan Likes 

Merek cenderung memiliki halaman Facebook dengan banyak suka.

170. Situs memiliki Profil Twitter dengan Pengikut 

Profil Twitter dengan banyak pengikut menandakan merek yang populer.

171. Official Linkedin Company Page 

Sebagian besar bisnis nyata memiliki halaman perusahaan Linkedin.

172. Karyawan Terdaftar di Linkedin 

Rand Fishkin berpendapat bahwa memiliki profil Linkedin yang mengatakan bahwa mereka bekerja untuk perusahaan Anda adalah sinyal merek.

173. Legitimasi Akun Media Sosial 

Akun media sosial dengan 10.000 pengikut dan 2 pos mungkin ditafsirkan jauh berbeda daripada akun kuat 10.000 pengikut lainnya dengan banyak interaksi.

174. Ungkapan Merek di Situs Berita 

Merek yang benar-benar hebat disebutkan di situs Google News setiap saat. Bahkan, beberapa merek bahkan memiliki feed Google News mereka sendiri di halaman pertama.

175. Co-Citations 

Merek bisa disebutkan tanpa terhubung. Google sepertinya melihat merek non-hyperlink menyebutkan sebagai sinyal merek.

176. Jumlah Pelanggan RSS 

Mengingat Google memiliki layanan RSS Feedburner yang populer, masuk akal jika mereka melihat data RSS Subscriber sebagai sinyal popularitas / merek.

177. Lokasi dengan Lokasi Lokal Google+ 

Bisnis riil memiliki kantor. Ada kemungkinan bahwa Google mencari data lokasi untuk menentukan apakah sebuah situs adalah merek besar atau tidak.

178. Situs web adalah Bisnis Pembayar Pajak 

Moz melaporkan bahwa Google dapat melihat apakah sebuah situs dikaitkan dengan bisnis dengan pembayaran pajak atau tidak.

179. Panda Penalty 

Situs dengan konten berkualitas rendah (terutama konten farm link) kurang terlihat dalam pencarian setelah terkena hukuman Panda.

180. Tautan ke Lingkungan Buruk 

Menghubungkan ke "lingkungan yang buruk" - seperti situs pinjaman PBN rendah atau membayar link - dapat membahayakan visibilitas penelusuran Anda.

181. Pengalihan 

Pengalihan tersembunyi efeknya cukup besar. Jika tertangkap, bisa mendapatkan situs tidak hanya dihukum, tapi de-indexed. Atau hanya mendapatkan teguran sneaky redirect

182. Iklan Popup atau Terganggu 

Dokumen Pedoman Google Rater yang resmi mengatakan bahwa popup dan iklan yang mengganggu merupakan tanda situs berkualitas rendah.
183. Pengoptimalan Situs 

Termasuk faktor on-halaman seperti isian kata kunci, isian tag header, hiasan kata kunci yang berlebihan.

184. Page Over-Optimization 

Banyak orang melaporkan bahwa - tidak seperti Panda - Penguin menargetkan halaman individual (dan bahkan hanya untuk kata kunci tertentu).

185. Iklan Di Atas Lipat 

Algoritma "Algoritma Page Layout" menghukum situs dengan banyak iklan (dan tidak banyak konten) di paro atas.

186. Menyembunyikan Link Afiliasi 

Terlalu jauh ketika mencoba menyembunyikan tautan afiliasi (terutama dengan cloaking) dapat menghasilkan penalti.

187. Situs Afiliasi 

Bukan rahasia lagi bahwa Google bukanlah penggemar afiliasi terbesar. Dan banyak yang berpikir bahwa situs yang menghasilkan uang dengan link afiliasi diletakkan di bawah pengawasan ekstra.

188. Isi Autogenerated 

Google bukan penggemar konten otomatis. Jika mereka menduga bahwa situs Anda memompa konten buatan site lain, itu bisa mengakibatkan hukuman atau pengindeksan.

189. Kelebihan PageRank Sculpting 

Terlalu jauh dengan obsesi PageRank - dengan tidak mengikuti semua tautan keluar atau sebagian besar tautan internal - mungkin merupakan pertanda permainan sistem.

190. Alamat IP Ditandai sebagai Spam 

Jika alamat IP server Anda ditandai sebagai spam, mungkin ini akan merugikan semua situs di server itu.

191. Meta Tag Spamming 

Kata kunci isian juga bisa terjadi pada meta tag. Jika Google menganggap Anda menambahkan kata kunci ke tag meta Anda untuk memainkan algoritma mereka mungkin akan memukul situs Anda dengan sebuah hukuman.

192. Perbedaan yang tidak wajar dari Link 

Aliran link yang tiba-tiba (dan tidak wajar) adalah tanda pasti dari tautan spam. Mendeteksi serangan SEO negatif.

193. Penguin Penalty 

Situs yang terkena Google Penguin secara signifikan kurang terlihat dalam pencarian.

Google Penguin


194. Link Profile dengan High% Low Quality Links 

Banyak link dari sumber yang umum digunakan oleh Black Hat SEO, seperti komentar blog dan profil forum, mungkin merupakan pertanda permainan sistem.

195. Menghubungkan Relevansi Domain 

Analisis terkenal oleh MicroSiteMasters.com menemukan bahwa situs dengan jumlah link yang tidak wajar dari situs yang tidak terkait lebih rentan terhadap Penguin.

196. Tautan Peringatan yang tidak wajar:G

oogle mengirimkan ribuan pesan "pemberitahuan Alat Webmaster pemberitahuan dari terdeteksi tidak wajar" Google. Ini biasanya mendahului penurunan peringkat, meski tidak 100% dari waktu kewaktu

197. Tautan dari IP Kelas C yang Sama 

Mendapatkan jumlah tautan tidak wajar dari situs di server IP yang sama mungkin merupakan tanda bangunan tautan jaringan blog. Jika punya PBN bedakan servernya

198. "Poison" Anchor Text 

Memiliki anchor text "racun" yang menunjuk ke situs Anda mungkin merupakan tanda spam atau situs yang diretas. Itu bisa merusak peringkat situs Anda.

199. Penalti Manual 

Google dikenal memberikan hukuman manual, seperti dalam kegagalan Interflora yang dipublikasikan dengan baik.

200. Menjual Tautan 

Menjual link pasti bisa memengaruhi toolbar PageRank dan mungkin merusak visibilitas pencarian Anda.

Demikian Daftar 200 Faktor SEO yang Mempengaruhi Peringkat Blog di Google. Berikut ini tambahan Faktor SEO Lainnya.

201. Google Sandbox 

Situs baru yang mendapatkan arus masuk tiba-tiba terkadang dimasukkan ke Google Sandbox, yang untuk sementara membatasi keterlihatan penelusuran.

202. Google Dance 

Google Dance untuk sementara dapat meningkatkan peringkat. Menurut Google, ini mungkin cara bagi mereka untuk menentukan apakah sebuah situs mencoba untuk memanipulasi algoritma atau tidak.

203. Disavow Tool 

Penggunaan Disavow Tool dapat menghapus hukuman manual atau algoritmik untuk situs yang menjadi korban SEO negatif.

204. Permintaan Peninjauan Kembali

Permintaan pertimbangan ulang yang berhasil dapat menimbulkan penalti.

205. Skema Tautan Temporer.

Google menangkap orang-orang yang menciptakan - dan dengan cepat menghapus - tautan berisi spam. Juga dikenal sebagai skema link sementara.

Demikian Daftar 200 Faktor SEO Penentu Peringkat Blog di Google.*

Daftar 200 Faktor SEO


Sumber:
https://backlinko.com/google-ranking-factors
https://moz.com/blog/the-myth-of-googles-200-ranking-factors
https://cdn.searchenginejournal.com/wp-content/uploads/2013/05/Infographic-Googles-200-Ranking-Factors.jpg

Related Posts

4 comments

  1. wah terimakasih atas ilmunya hu, keren, ternyata banyak banget faktor SEO ya....

    ReplyDelete
  2. gan mau nanya nih...
    template agan ini pake template apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. template modifikasi template simple bawaan blogger, caranya ada di blog ini

      Delete

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *